Beranda Berita Terbaru


Semarak Kegiatan FTK EXPO 2022

Aulia Zulfaedah, Admin Tadris IPA Biologi 🕒 12 September 2022


Tahun ini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram kembali melaksanakan kegiatan yang dinamakan dengan “FTK Expo”. Rangkaian kegiatan FTK Expo berlangsung pada Senin, 5 September 2022 hingga Jum’at, 9 September 2022. Semua program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram ikut meramaikan dan berpartisipasi dalam acara ini. Total ada 10 program studi yang ikut memeriahkan acara yang diadakan di Auditorium UIN Mataram, tak terkecuali Program Studi Tadris IPA Biologi. Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini memiliki beberapa rangkaian acara mulai dari persiapan, pembukaan, yudisium program studi PPG, temu alumni, studium generale, dan senam bersama sebagai rangkaian penutupan.

Pada hari Senin, 5 September 2022, semua program studi di FTK mempersiapkan stand Prodi masing-masing di lokasi acara. Masing-masing prodi menampilkan ciri khas program studinya. Termasuk prodi IPA Biologi yang menampilkan mikroskop untuk pengamatan sel. selain itu, tadris IPA Biologi juga menyajikan media-media pembelajaran hasil dari tugas mahasiswa dan buku-buku karya tulis yang dikarang oleh Dosen. Acara ini dibuka secara resmi pada hari Selasa, 6 September 2022 sekaligus diarangkaikan dengan acara Yudisium dan Pengukuhan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI dan Madrasah dalam Jabatan Tahun 2022 Batch-1. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Mataram yaitu Prof. Dr. TGH. Masnun, M. Ag. Tak lupa pula beliau mendatangi setiap stand program studi yang ada pada acara tersebut termasuk stand Prodi Tadris IPA Biologi.

Pada hari kedua kegiatan FTK Expo ini juga dirangkaikan dengan kegiatan “Student Goes To Campuss” bersama dengan siswa siswi dari MAN 1 Lombok Barat. Siswa siswi yang hadir pada kegiatan tersebut mendatangi masing-masing stand prodi pada FTK Expo ini, tak terkecuali stand prodi IPA Biologi. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan masing-masing prodi khususnya pada siswa siswi yang hadir, agar kelak diharapkan mereka tertarik untuk berkuliah ke UIN Mataram. Selain itu, mahasiswa FTK UIN Mataram bersama siswa siswi MAN 1 Lombok Barat melakukan Flash Mob di Auditorium UIN Mataram.

Pada hari ketiga, FTK Expo dirangkaikan dengan acara temu alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram dengan tema “Pemanfaatan Teknologi dan Media Sosial dengan Bijak”. Lebih dari 100 alumni beserta dekan dan wakil dekan menghadiri acara ini. Pada acara ini ada penyampaian materi dari BSI dan Telkom Indonesia mengenai teknologi dari masing-masing instansi tersebut. Pada acara ini juga ada pembagian doorprize yang disponsori oleh Krida Honda.

Pada hari keempat, FTK Expo ini kembali dirangkaikan dengan acara Studium Generale Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Kegiatan Studium Generale kali ini mengangkat tema “Revisting Keislaman dan Kebangsaan: Internalisai Nilai Revolusi Mental Menuju Indonesia Emas 2045”. kegiatan Studium Generale kali ini dihadiri oleh pemateri spesial yaitu Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. A P. selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menteri PMK). Beliau menyampaikan beberapa point tentang kemerdekaan Indonesia dan mengenai Revolusi Mental guna mempersiapkan pemuda pemudi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Beliau mengatakan bahwa “Masa depan Indonesia sangat bergantung pada kondisi pemuda pemudi Indonesia saat ini, oleh karena itu perlu ditanamkan nilai-nilai revolusi mental guna mempersiapkan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045”.

Pada hari terakhir FTK Expo 2022, diadakan senam bersama dan sarapan bersama Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, dan semua jajaran beserta staf akademik FTK UIN Mataram. Senam bersama dan sarapan bersama ini dilakukan sebagai rangkaian akhir kegiatan FTK Expo 2022 sekaligus penutupan kegiatan FTK Expo oleh Bapak Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram bersama kurang lebih 100 perwakilan dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan termasuk bersama Senat Mahasiswa dan Dewan Eksekutif Mahasiswa FTK UIN Mataram 2022.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa dilingkungan FTK UIN Mataram untuk menuangkan segala kreativitas dan inovasinya melalui pagelaran masing-masing program studi. Guna mendukung minat dan bakat mahasiswa FTK UIN Mataram dalam bidang seni. Dengan ini, fakultas dapat menunjukkan dukungannya kepada mahasiswa tidak hanya dalam bidang akademik namun juga di bidang non-akademik.