Beranda Berita Terbaru


Semarak Kegiatan Festivasl Seni Biologi HMPS Tadris IPA Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

✎ Aulia, Admin Tadris IPA Biologi 🕒 31 Oktober 2022

Tahun ini, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris IPA Biologi FTK UIN Mataram, kembali menyelenggarakan Festival Biologi tahun 2022. Festival Biologi kali ini mengusung tema “Sinergi Generasi Biologi Kreatif dan Inovatif Dalam Seni dan Sains di Era 5.0”. Festival Biologi merupakan program tahunan dari Himpunan Mahasiswa (HMPS) IPA Biologi FTK UIN Mataram. Yang perayaannya sekaligus memperingati hari jadi atau MILAD Biologi, yang pada tahun ini merupakan MILAD yang ke-25 tahun Tadris IPA Biologi menjadi salah satu Program Studi yang banyak diminati di FTK UIN Mataram.

Festival Biologi tahun ini, diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober-5 November 2022. Dengan 4 bidang perlombaan, yaitu lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI), Herbarium/Insectarium, Pentas Seni, dan Karya Inovasi Mahasiswa. Melalui keempat mata lomba ini, IPA Biologi ingin menunjukkan langkah awalnya dalam memberikan sinerginya tidak hanya dalam bidang sains tetapi juga seni di era 5.0 saat ini. Keempat mata lomba tersebut diikuti oleh semua mahasiswa mahasiswa Program Studi Tadris IPA Biologi yang dikelompokkan perkelasnya. Sehingga total kelas yang mengikuti mata lomba KTI, 3 kelas yang dilakukan secara individu. Mata lomba Herbarium/Insectarium diikuti oleh 9 kelas yang dilakukan secara tim/kelompok dengan 2-3 anggota. Mata lomba pentas seni dengan peserta 10 kelas yang berpartisipasi dalam tim. Pentas seni yang ditampilkan mahasiswa mulai dari seni tari hingga seni tarik suara.

Pembukaan kegiatan festival biologi 2022 ini dilaksnaakan pada hari Senin, 31 Oktober 2022 bertempat di Lantai 3 Gedung A FTK UIN Mataram, yang dihadiri oleh WD3 FTK UIN Mataram, Kaprodi Tadris IPA BIologi, Pembina HMPS IPA Biologi, Ketua DEMA FTK UIN Mataram, Ketua Umum HMPS IPA Biologi, Dosen dan staf Tadris IPA Biologi serta mahasiswa mahasiswi Tadris IPA Biologi yang berjumlah lebih dari 30 orang. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh WD 3 FTK UIN Mataram, Bapak Dr. Ahmad Asy’ari, M. Pd. Pada hari pertama dan kedua pelaksanaan, ada dua mata lomba yang dilaksnakan yaitu lomba KTI dan lomba pentas seni. Pada hari ketiga dan keempat ada dua mata lomba juga yaitu Herbarium/Insectarium dan Pentas Seni. Karena banyak peserta yang berpartisipasi dalam lomba pentas seni dengan waktu yang yang lama sehingga membutuhkan waktu 4 hari untuk menyelesaikan semua penampilan peserta.

Penutupan kegiatan Festival Biologi ini dirangkaikan dengan acara Biologi Expo, Temu Alumni, dan MILAD Biologi ke-25, yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 1 UIN Mataram. Pada acara ini ada lebih dari 60 tamu undangan yang hadir. Mulai dari kaprodi, pembina HMPS, dosen dan staf Tadris IPA Biologi, Alumni Tadris IPA Biologi, Ketua Umum DEMA FTK, Ketua Umum HMPS IPA Biologi, dan perwakilan setiap BKM se-FTK UIN Mataram, serta mhasiswa mahasiswi Tadris IPA Biologi.

Pada ada cara ini dibawakan oleh MC menggunakan dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam acara ini pula ada beberapa penampilan seni tari dan seni tarik suara dari mahasisi Tadris IPA Biologi, selain itu juga Expo Produk Karya Inovasi Mahasiswa oleh dua kelas yaitu kelas VB dengan produk “Zea Milk” atau susu jagung dan kelas 3A dengan produk “Keripik Kakao”. Di acara ini juga diumumkan bagi para pemenang setiap mata lomba mulai dari KTI, Herbarium/Insectarium, dan Pentas Seni, serta penyerahan sertifikat penghargaan bagi peserta Karya Inovasi Mahasiswa atas partisipasi dan kreativitasnya dalam memeriahkan acara Festival Biologi 2022.

Kegiatan Festival Biologi 2022 ditutup secara resmi oleh Kaprodi Tadris IPA Biologi yakni Bapak Dr. M. Harja Efendi, M. Pd. yang ditandai dengan pemotongan tumpeng sekaligus sebagai perayaan MILAD Biologi ke-25 tahun. Dilanjutkan dengan sesi pembagian hadiah kepada para pemenang lomba, dan sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut.

Dengan perayaan MILAD Biologi ke-25 tahun ini, diharapkan Tadris IPA biologi menjadi Program Studi yang lebih maju, unggul dan bertaqwa. Sukses Selalu Tadris IPA Biologi.