Beranda Berita Terbaru


Kegiatan Praktikum Lapangan Semester Genap 2023 di TWA Gunung Tunak Lombok Tengah 

✎  Aulia Zulfaeda, Admin Tadris IPA Biologi 🕒 15 Mei 2023

Sabtu, 13 Mei 2023, Tadris IPA Biologi melaksanakan Praktikum Lapangan di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Desa Mertak, Kec. Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Adapun 3 mata kuliah yang melakukan praktikum lapangan di lokasi tersebut adalah Ilmu Lingkungan oleh semester 2, Taksonomi Tumbuhan Tinggi oleh semester 4 dan Ekologi Hewan oleh semester 6. Selain itu juga praktikum lapangan ini didampingi oleh Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi beserta dosen dan staf laboran Tadris IPA Biologi. 

Pemilihan lokasi praktikum ini merupakan kali pertamanya dilakukan di TWA Gunung Tunak sebagai lokasi praktikum baru untuk menambah wawasan dan pengalaman yang baru bagi mahasiswa Prodi Tadris IPA Biologi. Pemilihan lokasi ini juga karena di TWA Gunung Tunak terdapat banyak spot pengamatan mulai dari Penangkaran Rusa Timor, Kupu-Kupu dan berbagai jenis flora dan fauna lain.

Setelah melakukan praktikum, seluruh mahasiswa mengunjungi lokasi wisata pantai yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rest area TWA Gunung Tunak. Namun, jalan yang dilalui menuju lokasi pantai tersebut terbilang cukup ekstrem karena terdapat banyak batu krikil dan jalan yang tidak rata. Akan tetapi semua mahasiswa dan dosen tetap antusias dan mengikuti praktikum ini dengan penuh semangat.