Beranda Berita Terbaru

HMPS Tadris IPA Biologi Mengadakan Orientasi  Kemahasiswaan Maba 2023 dirangkai dengan Outbound dan Eksplorasi Pantai Malimbu

✎  Aulia Safira  🕒 10 September 2023

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris IPA Biologi Fakultas Tarbiyah  dan Keguruan UIN Mataram mengadakan acara Orientasi Kemahasiswaan Prodi Tadris IPA Biologi dan Gathering Mahasiswa Baru 2023  dengan tema " Eksplorasi Bersama Untuk Meningkatkan Rasa Persaudaraan Sesama Mahasiswa", hari pertama dilaksanakan Pembukaan pada Sabtu, 09 September 2023 di Gudung A lantai 1 dan dilanjutkan dengan acara Penutupan pada Minggu, 10 September 2023 bertempat di Pantai Malimbu, Senggigi, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Acara Orientasi dan keakraban ini tidak lain dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa baru sekaligus menguatkan kekompakan dan solidaritas. Kegiatan ini diikuti 120 mahasiswa baru Tadris IPA Biologi. Selain itu turut serta menghadiri pembukaan yaitu Dekan dan Wakil Dekan III FTK UIN Mataram (Dr. Jumarim, M.H.I & Dr Ahmad Asyari, M.Pd.I), Ketua Prodi Tadris IPA Biologi (Dr. M. Harja Efendi, M.Pd), dan para tamu undangan Dosen dan Staf Prodi Tadris IPA Biologi, Sema-Dema FTK, dan Ketua HMPS Se-FTK.

Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah mahasiswa baru dalam mengenal Prodi Tadris IPA Biologi dan meningkatkan rasa persaudaraan sesama mahasiswa. "Dan saya berterimaksih kepada ketua umum HMPS IPA Biologi yang dimana persiapan kegiatan ini tak lepas dari arahan dan bimbingan dari ketua sehingga kepanitiaan dapat menyiapkan dan melaksanakan kegiatan ini," tutur  Afryan Almunawar selaku Ketua Panitia. Disamping itu dalam sambutanya Dr. Jumarim, M.H.I Selaku Dekan FTK UIN Mataram memberi motivasi kepada peserta orientasi maba 2023 untuk terus mengembangkan bakat dan minat serta memperdalam pengetahuan bahasa inggris. Setelah sesi sambutan-sambutan, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Profil dan latar belakang Prodi Tadris IPA Biologi oleh  Husnul Budiatman Dani, M.Sc. selaku Dosen dan Alumni Tadris IPA Biologi.

Photo Bersama Penutupan Orientasi Kemahasiswaan Maba 2023

Lomba Pecah Balon

Lomba Lari Karung

Tari

Drama

Pada hari kedua kegiatan dimulai dengan senam bersama, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Prodi Tadris IPA Biologi (Dr. M. Harja Efendi, M.Pd), selanjutnya lomba-lomba yang membuat mereka saling mengenal dan belajar bekerja sama dalam tim. Hari kedua dikhususkan untuk kegiatan hiburan dan game edukasi. tujuanya untuk menambah keakraban dan saling mengenal antar angkatan 2023 dan pengurus HMPS Tadris IPA Biologi.

Sebelum acara Orientasi ini ditutup, diadakan pula kegiatan bersih pantai yang dilakukan oleh seluruh peserta outbound dan panitia sebagai wujud peduli terhadap kebersihan pantai akbiat banyaknya wisatawa lokal yang banyak membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga pantai pun terlihat kotor dan kurang terawat, oleh sebab itu panitia orientasi maba 2023 menginisiasi untuk dilakukan Eksplorasi sampah di lokasi kegiatan dan sepanjang pantai Malimbu.